Cara mengatasi kecanduan game online

Cara mengatasi kecanduan game onlineKecanduan bermain game online merupakan sesuatu hal yang buruk baik bagi kesehatan kita maupun orang lain. Bermain game online terus menerus dapat mengakibatkan kita kehilangan banyak uang serta banyak waktu, di mana kita seharusnya bisa menggunakan uang dan waktu tersebut untuk kegiatan lainnya yang lebih bermanfaat lainnya.


Bahkan bisa juga mengakibatkan berbagai macam penyakit. Lalu, apa jadinya ketika kita terlambat bangun dan gagal menemui klien sehingga proyek kerjasama dalam pekerjaan gagal – yang sejatinya diakibatkan kita terlambat bangun karena bermain game online malam sebelumnya? Tentu saja ini merugikan diri kita sendiri dan orang lain bukan?
Untuk itu, berikut adalah cara mengatasi kecanduan game online untuk orang dewasa maupun anak anak


Cara mengatasi kecanduan game online

1. Bulatkan tekad Anda untuk berhenti

Hal yang paling penting dalam mengatasi segala kecanduan adalah niat. ini juga berlaku pada kasus kecanduan game. Kuncinya di sini adalah bagaimana cara Anda dapat membuat prioritas dalam hidup Anda. Bila Anda menyadari bahwa banyak hal yang masih lebih penting ketimbang bermain game online, maka Anda akan lebih mudah untuk membiasakan diri untuk tidak kecanduan game online.

2. Kurangi waktu bermain game

Mengatasi kecanduan game harus dilakukan secara bertahap,  tidak boleh langsung menghentikan secara tiba-tiba dan kasar. Apabila Anda melakukan cara ini maka anda/anak akan melakukan kebohongan bahkan pembangkangan.

Jadi, mulailah dengan mengurangi waktu bermain game. Buatlah kesepakatan dengandiri sendiri/ anak tentang jumlah jam dalam sehari dan pada jam berapa saja ia bisa bermain. Pasanglah alarm setiap mulai bermain game. Tetapkan aturan untuk berhenti bermain game apabila waktunya sudah habis.

3. Hindari game dengan tingkat kecanduan tinggi

Di zaman sekarang semakin banyak jenis game yang tersedia di berbagai konsol game. Anda perlu mengetahui bahwa dari sekian banyaknya jenis game, beberapa di antaranya memiliki kecanduan yang sangat tinggi. Hindarilah game seperti ini.

Cari tahu apa saja game - game yang berpeluang membuat kecanduan dan larang anak untuk memainkannya. Game jenis ini telah membuat anak-anak bahkan orang dewasa menjadi lupa waktu. Parahnya lagi, ada beberapa kasus seperti mata panda dan pingsan bahkan meninggal karena menderita kecanduan parah dengan game tersebut.

4. Berikan syarat sebelum bermain game

Tetap kan lah syarat sebelum bermain game. Hal Ini merupakan cara mengatasi permainan game sekaligus cara bagaimana mengajarkan tentang prioritas. Buatlah anak mengerjakan beberapa hal atau satu hal sebelum ia bermain game. Anak akan belajar dan terbiasa untuk melakukan prioritas utama terlebih dahulu.

5. Membatasi waktu bermain game

Membatasi waktu bermain game itu sangat sulit untuk dilakukan ketika sudah kecanduan mereka bisa bermain hingga 14 jam dalam seminggu. Tetapi, tidak ada yang susah ketika kita mau berusaha, bukan? Untuk mengurangi kecanduan kita pada bermain game online, cara ini cukup efektif meskipun susah untuk dilakukan. Kita bisa menerapkan bermain game dalam sehari 1-2 jam saja yang awal kebiasaan bermain 5 jam selama sehari begitu seterusnya hingga kita bisa mengatur intesitas bermain game online dalam batas sewajarnya.

6. Membatasi pemasangan game pada gadget

Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya kita cukup  memasang game yang hanya dibutuhkan saja untuk mengatasi rasa bosan disaat tidak ada kegiatan. Hindari memasang game secara berlebihan

7. Mencoba terapi

Cara mengatasi kecanduan game online dengan terapi. Lebih tepatnya terapi kognitif behavioral. Terapi ini berfungsi untuk membantu orang memaknai apa yang mereka dapat dari kecanduannya terhadap hal tertentu, dan mendorong mereka untuk melakukan kebiasaan baru yang lebih positif. Seperti halnya pada kasus seperti ini, orang yang kecanduan game online akan dibantu terapis untuk menganalisis bahwa kecanduan game online adalah bukan suatu hal yang penting dalam hidup mereka dan mendorong mereka untuk melakukan hal bermanfaat lainnya yang tentu saja lebih positif.

8. Perbanyak Aktivitas di Luar

Berolahraga secara rutin, pergi atau jalan jalan bersama keluarga, dan aktivitas keluar rumah lainnya bisa menjadi pilihan yang baik untuk mengurangi kecanduanmu akan bermain game. Selain itu kamu juga menjadi lebih sehat tentunya.

Itu saja Cara mengatasi kecanduan game online yang bisa saya bagikan kepada anda, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua

Belum ada Komentar untuk "Cara mengatasi kecanduan game online"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel